MAKALAH PRESENTASI DALAM KOMUNIKASI BISNIS

 

gun

3SA02

Kelompok 4

Agdisya (10613315)

Byas Intan (11613826)

Muhammad Radian (15613633)

Mutiara Putri Ananda (16613242)

BAB I

PENDAHULUAN

 

  • LATAR BELAKANG 

Sekarang ini, ada banyak cara dalam berkomunikasi. Komunikasi merupakan sarana untuk mempermudah kita dalam bertukar pesan atau informasi. Salah satu cara berkomunikasi adalah dengan presentasi. Contoh dari pelaksanaan presentasi yaitu mahasiswa yang sedang menyampaikan hasil penelitiannya kepada teman – teman sekelas, dosen yang sedang mengajar atau sales yang sedang menjajakan produknya.

 1. ARTI PRESENTASI

Menurut:

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pre·sen·ta·si /préséntasi/ n 1 pemberian (hadiah); 2 pengucapan pidato (pada penerimaan suatu jabatan); 3 perkenalan (kepada seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi); 4 penyajian atau pertunjukkan (sandiwara, film, dsb) kepada orang – orang yang diundang.

  • Kamus Oxford

Pre·sen·ta·tion, noun, is the act of showing something or of giving something to somebody.

  • Rina Puspita Dewi

Menurut Rina Puspita Dewi (2010:54) presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi kepada publik merupakan seni untuk menginformasikan, meyakinkan, membujuk, menginspirasi dan menghibur audiensi.

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. PERSIAPAN UNTUK PRESENTASI

          Agar presentasi berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang perlu  dipersiapkan, diantaranya:

  • Buatlah materi presentasi yang baik dan menarik
  • Ringkas bahan – bahan presentasi
  • Tentukan topik presentasi
  • Tentukan tujuan presentasi
  • Persiapkan alat – alat yang menunjang saat presentasi, seperti
    • Laptop dan Proyektor, untuk menampilkan tulisan, foto ataupun video dengan jelas
    • Sound System (Alat Pengeras Suara), agar suara presenter bisa terdengar oleh audiens.
    • Alat Peraga, dibutuhkan untuk mempresentasikan sebuah produk.
  • Mengenali Audiens, salah satu hal yang sangat penting agar apa yang disampaikan bisa dipahami dengan baik dan tidak terjadi misscomunication antara presenter dan audiens. Audiens yang hadir disebuah presentasi pasti memiliki karakteristik yang berbeda – beda, mencakup usia, gender, ras, suku, pendidikan, tingkat penghasilan, dll. Dengan memahami karakteristik tersebut, kemungkinan presenter memberikan apa yang diinginkan oleh audiens dalam presentasi ini jauh lebih besar.
  • Latihan Presentasi.

BAB III

KESIMPULAN

Presentasi adalah kegiatan menyampaikan informasi yang bertujuan untuk menyampaikan ide atau gagasan, untuk meyakinkan audiens, memberikan hiburan, memberi insprirasi dan mempromosikan produk kepada pembeli. Agar mendapat hasil yang memuaskan, ada baiknya presenter mempersiapkan beberapa hal, diantaranya adalah mempersiapkan materi secara matang, mempersiapkan alat – alat pernunjang presentasi, mengenali audiens dan latihan presentasi agar semua informasi dapat tersampaikan dengan baik dan benar.

DAFTAR PUSTAKA

http://seputarpengetahuan.com/2015/08/pengertian-presentasi-menurut-para-ahli-jenisnya-lengkap.html

http://leshebat.blogspot.co.id/2013/04/10-langkah-persiapan-presentasi.html?m=1

http://cafemotivasi.com/mengenali-audiens-sebelum-presentasi/

http://belajar-presentasi.blogspot.co.id/2011/08/teknik-presentasi-teknik-presentasi.html?m=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s