Laporan Bisnis dan Surat Penawaran

LAPORAN BISNIS

I. Pengertian dan Jenis-jenis Laporan Bisnis

  1. Pengertian

Laporan Bisnis adalah laporan yang tidak memiliki sifat netral, tidak memmihak, memiliki tujuan yang jelas dan berisi rencana penyajian fakta kepada seseorang atau lebih untuk tujuan bisnis tertentu.

Penulisan laporan bisnis umumnya digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan :

  1. Untuk memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan
  2. Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan
  3. Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku bagi perusahaan
  4. Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik bagi keperluan internal maupun eksternal
  5. Untuk menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambil keputusan-keputusan atas masalah tertentu
  6. Untuk memperoleh sumber pendanaan atau membuka bisnis
  7. Jenis-jenis Laporan Bisnis

Laporan bisnis mempunyai beberapa jenis :

  1. Menurut Fungsinya
  • Laporan informasional adalah laporan yang memberi informasi, menyajikan fakta-fakta tanpa melakukan analisis, tanpa kesimpulan dan tanpa memberikan rekomendasi.
  • Laporan analisis adalah laporan yang menyajikan fakta, menganalisis, dan menginterpretasikan, kemudian menyimpulkan dan memberikan rekomendasi. Contoh: laporan kemajuan pekerjaan, rekomendasi dan proposal.

2. Menurut Subyeknya

Suatu laporan dapat dibedakan menurut departemen mana suatu laporan itu diperoleh. Contoh: laporan akuntansi, personalia, produksi, dan sebagainya.

3. Menurut Formalitasnya

Laporan dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau laporan-laporan panjang dan nonformal atau laporan singkat.

  • Laporan otoritas yang dibuat atas dasar permintaan atau kuasa dari orang lain.
  • Laporan sukarela disusun atas inisiatif dari pembuat laporan itu sendiri.
  • Laporan swasta adalah laporan yang dibuat oleh organisasi atau perusahaan swasta.
  • Laporan publik disusun oleh lembaga atau organisasi pemerintah atau lembaga yang dibiayai oleh negara.

4. Menurut Frekuensinya

  • Laporan berkala yaitu laporan yang disusun secara harian, mingguan, bulanan, tahunan. Contoh: laporan penjualan harian.
  • Laporan khusus merupakan laporan atas suatu kejadian yang unik (khusus) seperti munculnya krisis dalam suatu perusahaan.

5. Menurut Jenisnya

  • Laporan memorandum
  • Laporan surat
  • Laporan dalam bentuk cetakan
  • Laporan panjang (laporan formal)

6. Menurut Kegiatan Projek

  • Laporan pendahuluan
  • Laporan perkembangan
  • Laporan akhir

7. Menurut Pelaksanaan Pertemuan

  • Agenda resolusi. Agenda adalah suatu dokumen yang ditulis sebelum suatu pertemuan berlangsung dan biasanya terdiri dari jadwal pelaksanaan dan topik yang akan dibahas dalam pertemuan sehingga akan membantu peserta . Resolusi merupakan laporan singkat yang secara formal berisi pengumuman hasil konsensus dalam suatu pertemuan.
  • Notulen adalah laporan resmi dalam suatu pertemuan yang telah berlangsung yang mencakup semua hal yang terjadi dalam suatu pertemuan.
  • Laporan pertemuan merupakan laporan resmi yang mencakup bahasan yang lebih luas dan berisi hasil pertemuan atau konferensi penting.

II. Isi dari laporan Bisnis

1.Pendahuluan

  • Pemberi kuasa
  • Lay out atau rencana presentasi
  • Masalah
  • Maksud
  • Ruang lingkup
  • Metodologi
  • Sumber-sumber primer atau sekunder
  • Latar belakang
  • Definisi istilah
  • Keterbatasan
  • Rekomendasi

2.Teks

Bagian terpanjang dari laporan. Mengembangkan dan membahas hal-hal secara rinci.

3.Penutup

  • Rangkuman
  • Kesimpulan
  • Rencana Tindakan
  • Proposisi

III. Cara Membuat Laporan Bisnis yang Baik

  • Format

Format penulisan laporan berita sesuai standar instansi yang akan dituju.

Beberapa pertanyaan yang terdapat dalam surat laporan adalah :

  1. siapa yang membuat laporan?
  2. apa masalah yang akan dilaporkan?
  3. kapan laporan tersebut dibuat?
  4. kemana laporan akan dikirim?
  5. mengapa laporan tersebut dibuat?
  6. bagaimana sikap audien?

 

  • Membuat Keputusan yang Baik

Dalam membuat laporan bisnis hendaknya juga memperhatikan ruang lingkup eksternal instansinya. Membuat keputusan yang baik dalam menulis Laporan Bisnis dapat meliputi:

  1. Adanya ide pokok pada permulaan suatu laporan.
  2. Melihat fakta yang tersedia.
  3.  Menerima uraian atau cerita secara menyeluruh.
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami

 

  •  Keakuratan

Keakuratan laporan yang disampikan merupakan hal paling mendasar dan penting dalam leporan bisnis, dimana dengan akuratnya informasi yang diberikan manager dapat mengetahui kinerja unit yang bersangkutan, sehingga apabila unit tersebut mengalami kemerosotan akan cepat ditanggulangi. Sebaliknya jika unit tersebut mengalami peningkatan prestasi dapat diberikan prestasi dan lain sebagainya.

  1. Jelaskan peristiwa yang terjadi secara konkret.
  2. Laporkan semua kejadian yang relevan
  3. Tempatkan fakta yang ada dalam suatu perspektive
  4. Berikan bukti atas kesimpulan yang dibuat
  5. Sajikan bukti yang valid dan mendukung kesimpulan anda
  6. Tulis laporan secara objektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s