KOMUNIKASI BISNIS DAN TEKNOLOGI

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Komunikasi adalah proses bertukarnya informasi antara dua orang atau lebih. Informasi dapat berupa gambar, suara, data, dan lain sebagainya. Komunikasi terjadi dimanapun dan kapanpun. Tidak mungkin manusia hidup tanpa berkomunikasi. Komunikasi sangat penting untuk mencapai suatu tujuan. Komunikasi juga tidak lepas dari sebuah organisasi ataupun masyarakat lainnya.

Komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi. Teknologi merupakan alat yang dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Pekerjaan akan terasa lebih mudah, cepat dan menghasilkan banyak produk jika dibantu dengan alat teknologi.

Teknologi membawa peranan penting. Perusahaan-perusahaan besar menggunakan teknologi untuk memasarkan produknya.

Tugas pengusaha adalah menghasilkan barang atau produk yang dibutuhkan masyarakat. Penyelanggaraan komunikasi dengan pasar juga merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya dan terus berkembang. Dalam dunia bisnis, untuk berkomunikasi dengan suatu daerah pemasarannya yang sangat luas, perusahaan memerlukan pemasaran secara khusus seperti periklanan. Dengan periklanan, konsumen yang jumlahnya beribu-ribu dan berada di berbagai tempat dapat mengetahui produk yang ada.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. Peranan Komunikasi Dalam Dunia Bisnis

Komunikasi merupakan kegiatan manusia untuk menyampaikan informasi kepada satu dengan yang lainnya. Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan atau diartikan pula sebagai saling tukar menukar pendapat. Komunikasi dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan. Komunikasi dapat berhasil apabila seseorang dengan yang lainnya saling pengertian. Informasi pada umumnya berupa pola-pola, simbol, isyarat, kode atau lainnya. Komunikasi hanyalah sekedar alat bukan tujuan. Dengan alat tersebut maka tujuan informasi akan tersampaikan.

  1. Teknologi Informasi Dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, perusahaan bersaing menjual produk.  Hal ini menuntut agar para pekerja bekerja dengan cepat tetapi efisien. Teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Dengan ini beban yang ada dapat teratasi. Teknologi informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce. E-commerce adalah perdagangan dengan menggunakan jaringan internet.

Teknologi dalam dunia bisnis dapat memudahkan komunikasi pengusaha dengan konsumen. Hal ini sangat efektif karena hanya dengan chat seseorang dapat terhubung dengan yang lainnya. Selain itu juga, pengusaha dapat membuka bisnis dengan waktu 24 jam. Tidak terbatas oleh waktu dan ruang. Kini dunia bisnis sangat kompetitif dan banyak persaingan sehingga harus berpikir kritis dan kreatif.

  1. Keuntungan dan Manfaat Menguasai Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia bisnis dapat digunakan dalam beberapa bidang, seperti keuangan, percetakan, pengiriman dokumen. Teknologi informasi sangat penting bagi menunjang kegiatan manusia. Ada beberapa kegunaan teknologi dalam bidang bisnis :

* Munculnya peluang bisnis baru yakni e-business

Seiring dengan majunya teknologi informasi, orang berlomba berinovasi menciptakan sesuatu yang baru yang dapat menguntungkan semua orang.

* Memperluas pangsa pasar

Dengan adanya teknologi yang canggih, perusahaan dapat memantau daerah yang dapat dijadikan lahan untuk kelangsungan menjalankan bisnis. Jika di daerah tersebut terdapat SDM dan SDA yang memadai, maka akan memperoleh keuntungan yang besar.

*Mengurangi biaya produksi dan operasional

Teknologi yang berkembang pesat digunakan oleh perusahaan agar dapat mengurang biaya produksi dan operasional. Dalam melakukan pekerjaannya, perusahaan menggunakan mesin dan alat teknologi lainnya. Hal ini perusahaan mendapat keuntungan yang besar dan mengeluarkan biaya yang minim.

*Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan

Teknologi dapat memudahkan komunikasi dan mentoring pada setiap karyawan. Pimpinan perusahaan dapat mengontrol kinerja karyawan dengan mudah. Selain itu, jika diadakan rapat tidak perlu repot untuk datang ke kantor. Hanya dengan menggunakan teleconference rapat dapat berlangsung dengan baik.

Teknologi informasi juga mempunyai manfaat dibidang :

  • Bidang sosial

Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.

  • Bidang pendidikan

Kemajuan teknologi dapat membuat virtual class yang tidak mengharuskan pelajar berada di kelas. Pendidikan dapat berkembang dengan adanya inovasi e-learning.

  • Bidang ekonomi

Dengan majunya teknologi, maka transaksi tidak perlu untuk bertatap muka. Begitu pun dengan pengusaha yang kreatif. Ia akan memasarkan produknya dengan memasang iklan di internet. Hal ini hany mengeluarkan biaya yang lebih murah.

  • Bidang pemerintahan

Masyarakat dapat mengakses informasi lewat televisi, radio, ataupun internet. Selain itu, masyarakat dapat memberikan aspirasinya lewat situs-situs tertentu.

  • Berkembangnya teknologi yang canggih selain menguntungkan masyarakat, juga mempunyai kekurangan dan masalah yang ditimbulkan teknologi. Teknologi yang canggih memang dapat digunakan dalam komunikasi dan informasi. Namun, dengan seiringnya zaman apakah manusia mampu untuk menggunakan teknologi komunikasi dan informasi dengan baik?
  1. Pengaruh Pemanfaatan TI dalam Keputusan Bisnis

Teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap perusahaan. Teknologi memberikan dampak positif bagi perusahaan dalam peningkatan kinerja karyawan. Membuat keputusan adalah proses memilih antara berbagai macam cara untuk melaksanakan pekerjaan. Seorang pengusaha yang berpengalaman akan membuat keputusan yang baik dan tidak akan membuat penyesalan di akhir nanti. Ia harus memikirkan bagiamana mengambil keputusan yang dapat membuat keuntungan bisnisnya. Pengusaha dituntut agar kreatif dan inovatif.

Teknologi sendiri membawa perubahan dalam meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan lainnya. Banyak sekali cara pemakaian teknologi yang tidak tepat dikarenakan kurangnya SDM. Oleh karena itu, pengusaha sebagai pimpinan harus tegas dan melakukan evaluasi.

BAB III

KESIMPULAN

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang membuat manusia menuntut keinginannya menjadi tercapai. Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, sehingga perusahaan harus memproduksi barang dan jasa secara kreatif dan efisien. Dengan adanya komunikasi bisis, pengusaha tidak perlu untuk bertatap muka dengan konsumennya, semuanya dapat dilakukan hanya dengan teknologi.

Penerapan teknologi juga tidak selalu berjalan dengan baik. Oleh karena itu perlu diadakannya evaluasi untuk mengetahui dan memperbaiki kekurangan yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s