Komunikasi Bisnis

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Komunikasi adalah proses bertukarnya informasi antara dua orang atau lebih. Informasi dapat berupa gambar, suara, data, dan lain sebagainya. Komunikasi terjadi dimanapun dan kapanpun. Tidak mungkin manusia hidup tanpa berkomunikasi. Komunikasi sangat penting untuk mencapai suatu tujuan. Komunikasi juga tidak lepas dari sebuah organisasi ataupun masyarakat lainnya. Maka dari itu, komunikasi mempunyai beberapa jenis.

Komunikasi sangat erat hubungannya dengan persepsi. Seseorang tidak akan dapat memahami persepsi jika tidak dapat mempersepikannya dengan baik.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2. Lanadasan Teori

Ada beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli. Menurut William J.Seller adalah suatu proses dimana simbol noverbal dan verbal dikirimkan, diterima dan diberi makna. Komunikasi menurut Raymond Ross adalah suatu proses yang menyortir , memiliki dan mengirim simbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga dapat membantu pendengar dalam membangkitkan daya respon atau pemaknaan dari sebuah pemikiran yang selaras dengan yang dimaksud oleh komunikator. Sedangkan menurut Ruben dan Steward adalah suatu proses mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam suatu komunitas, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang menciptakan dan merespon pesan dengan tujuan beradaptasi dengan lingkungan yang satu dengan yang lainnya.

Komunikasi sangat penting dan dibutuhkan untuk berinteraksi satu sama lain. Komunikasi merupakan alat untuk memahami satu sama lain. Komunikasi yang efektif akan menjalin hubungan yang baik, menerima kelebihan dan kekurangan seseorang ataupun kelompok.

3. Jenis-jenis Komunikasi

Berdasarkan cara penyampaian informasi dapat dibedakan menjadi 2, yaitu komunikasi nonverbal (tertulis) dan komunikasi verbal (lisan). Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung berarti kedua belah pihak dapat bertatap muka dan tidak langsung berarti melalui alat komunikasi seperti telepon.

Komunikasi berdasarkan perilaku yaitu komunikasi formal yang tata caranya sudah di atur dalam organisasi, komunikasi informal yang tidak berpengaruh bagi kepentingan organisasi, dan komunikasi nonformal yang bersifat formal-nonformal yang berhubungan dengan tugas organisasi.

Komunikasi berdasarkan ruang lingkup yaitu komunikasi internal dan eksternal. Komunikasi internal yaitu komunikasi yang terjadi di dalam organisasi dalam pencapaian suatu tujuan. Sedangkan komunikasi eksternal diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang-orang lain diluar organisasi, seperti relasi, langganan, konsumen, atau dengan masyarakat umum lainnya.komunikasi eksternal mempunyai daya jangkau jarak jauh yang dapat membentuk reputasi baik di masyarakat.

 4. Analisis

komunikasi merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan. Komunikasi merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan. Komunikasi yang efektif akan menjalin hubungan yang baik. Komunikasi dapat memahami satu sama lain, menerima kelebihan dan kekurangannya.

Komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan suatu masalah. Jika seseorang menyampaikan suatu pesan kepada yang lain dan orang lain itu tidak dapat memahami makna dari pesan tersebut maka akan terjadi kesalahpahaman. Begitu pun pesan yang disampaikan di media, haruslah jelas dan tidak bersifat ambigu agar masyarakat dapat memahami informasi yang disampaikan.

BAB III

KESIMPULAN

5. Penutup

Pengertian dan jenis-jenis komunikasi telah diuraikan di bab sebelumnya, sehingga kita dapat menarik kesimpulan bahwa komunikasi merupakan sarana untuk menyampaikan pesan individu atau kelompok. Komunikasi dibagi beberapa jenis dan masing-masing mempunyai fungsi dan cirinya. Komunikasi berlangsung di kehidupan sehari-hari baik secara formal maupun nonformal.

6. Daftar Pustaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s