Individu, Keluarga dan Masyarakat (Part III)

III. Individu, Keluarga dan Masyarakat
1. Pertumbuhan individu
Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan kuantitatif pada materil sesuatu sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Pertumbuhan adalah suatu prosesbertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula).
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan individu :
• Faktor Biologis
Anggota tubuh dapat menjelaskan beberapa persamaan dalam kepribadian dan perilaku. Namun ada warisan biologis yang bersifat khusus. Artinya, setiap individu tidak semua ada yang memiliki karakteristik yang sama.
• Faktor Geografis
Setiap lingkungan yang baik akan membawa kebaikan pula bagi penduduknya. Namun jika keadaan lingkungannya buruk dan tidak adanya hubungan yang baik antar individu, maka akan tercipta suatu keadaan yang kurang baik juga.
• Faktor Kebudayaan Khusus
Perbedaan kebudayaan akan memperngaruhi kepribadian anggotanya. Namun bukan berati setiap individu dalam masyarakat mempunyai kebudayaan dan kepribadian yang sama.
2. Fungsi keluarga
Fungsi keluarga yaitu :
 Fungsi pendidikan dilihat dari bagaimana keluarga mendidik anak untuk kedewasaan dan masa depan mereka.
 Fungsi sosialisasi dilihat dari keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik agar dapat bergaul dengan benar.
 Fungsi perlindungan yaitu keluarga melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindungi dan merasa aman.
 Fungsi perasaan yaitu keluarga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
 Fungsi agama yaitu keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain melalui kepala keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah dunia.
 Fungsi ekonomi yaitu kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga.
 Fungsi rekreatif yaitu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, seperti acara nonton bersama, rekreasi, dan lainnya.
 Fungsi biologis yaitu keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya.
 Memberikan kasih sayang, perhatian dan rasa aman diantara keluarga serta membina kedewasaan kepribadian anggota keluarga.
3. Individu, keluarga dan masyarakat
 Individu berasal dari kata latin yaitu individuum yang artinya tak terbagi yang berati kesatuan yang palinng kecil dan terbatas.
Menurut Sosiologi individu berdiri manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi :
• Raga merupakan jasad manusia dengan ciri khas yang dapat membedakan diri sendiri dengan individu lainnya.
• Rasa merupakan perasaan manusia yang dapat menangkap objek gerakan dari benda-benda isi alam semesta atau perasaan yang menyangkut dengan keindahan.
• Rasio atau akal pikiran merupakan kelengkapan manusia untuk mengembangkan diri, mengatasi segala sesuatu yang diperlukan dalam diri tiap manusiadan merupakan alat untuk mencerna apa yang diterima oleh panca indra.
• Rukun atau pergaulan hidup merupakan bentuk sosialisasi dengan manusia dan hidup berdampingan satu sama lain secara harmonis, damai, dan saling melengkapi.
 Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kulawarga yang berati anggota adalah lingkungan yaang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam saling ketergantungan.
Keluarga juga dibagi menjadi dua jenis yaitu :
• Keluarga inti atau keluarga batin yatiu terdiri atas ayah, ibu dan anak.
• Keluarga konjugal adalah keluarga yang terdiri atas pasangan dewasa (ayah dan ibu) dan anak-anak dimana terdapat interaksi dengan kerabat yang luas atas dasar garis keturunan.
Keluarga juga mempunyai peran dan tugas tersendiri. Misalnya, ayah sebagai kepala keluarga bertugas untuk mencari nafkah, ibu sebagai istri berperan dalam mengurus rumah tangga, dan anak melaksanakan perannya sesuai perkembangannya.
 Masyarakat berasal dari bahasa Arab yaitu Syakara yang artinya ikut serta atau partisipasi. Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.
4. Hubungan antar individu, keluarga dan masyarakat
Sebagaimana yang telah dijelaskan pengertian insdividu, keluarga dan masyarakat mempunyai hubungan yang sangat erat. Tidak akan ada keluarga dan masyarakat jika tidak ada individu. Untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat yaitu media dimana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya serta mengembangkan perilakunya. Karena perilaku sosial suatu individu tersebut bergantung dari keluarga dan masyarakat disekitarnya. Keluarga sebagai lingkungan pertama bagi individu sehingga memiliki peran yang besar, sedangkan masyarakat merupakan media sosialisasi untuk mengekspresikannya lebih luas sehinga menjadi olak ukur benar atau salah perilaku tersebut dalam masyarakat
5. Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi akan menyebabkan persebaran penduduk yang tidak merata. Hal ini akan menimbulkan berbagai masalah di masyarakat. Penduduk di kota akan meningkat dan lapangan kerja yang kurang memadai akan menimbulkan masalah yang serius, begitu juga dengan kemiskinan dan kriminalitas.
Faktor terjadinya urbanisasi :
 Kehidupan kota yang lebih modern
 Sarana dan prasarana kota lebih lengkap
 Lapangan pekerjaan di kota lebih luas
 Sekolah dan perguruan tinggi lebih baik dan berkualitas
Faktor pendorong terjadinya urbanisasi :
 Lahan pertanian semakin sempit
 Merasa tidak cocok dengan budaya tempat asalnya
 Menganggur karena tidak banyak lapangan pekerjaan di desa
 Terbatasnya sarana dan prasarana di desa
Keuntungan urbanisasi :
 Memodernisasikan penduduk desa
 Menambah pengetahuan penduduk desa
 Menjalin kerja sama yang baik antar penduduk suatu daerah
 Mengimbangi masyarakat desa dengan masyarakat kota

D. Pertanyaan dan Jawaban
1) Syakara dalam masyarakat merupakan bahasa yang berasal dari..
a. Inggris c. Jepang
b. Arab d. Jerman
Jawabannya adalah B (Arab)
2) Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari…
a. Negara asal menetap ke negera lain
b. Satu pulau ke pulau lain
c. Desa ke kota
d. Perpindahan penduduk ke negara asal
Jawabannya adalah C (desa ke kota)
3) Keluarga mempunyai beberapa fungsi, diantara berikut ini merupakan fungsi agama, kecuali…
a. Menanamkan keyakinan
b. Meneruskan keturunan
c. Menjadikan suasana lebih menyenangkan
d. Memberikan perlindungan
Jawabannya adalah A (menanamkan keyakinan)
4) Jasad manusia dengan ciri khas yang dapat membedakan diri sendiri dengan individu lainnya disebut…
a. Raga
b. Rasa
c. Rasio
d. Ciri
Jawabannya adalah A (raga)
5) Keluarga yang terdiri atas ayah, ibu dan anak disebut keluarga…
a. Konjugal
b. Inti
c. Utama
d. Kecil
Jawabannya adalah B (inti)

E. Source
http://saadus.files.wordpress.com/2012/07/tugas-isbd.pdf
http://ervannur.wordpress.com/2010/10/16/hubungan-individu-keluarga-dan-masyarakat/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_penduduk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s