Biografi Yui Yoshioka

Nah, ini dia penyanyi solo favorit gue.. jengjeng..

YUI YOSHIOKA

Image

 

Nama                   : Yui

Nama Asli            : Yui Yoshioka

Asal                     : Fukuoka, Japan

Tanggal Lahir      : 26 Maret 1987

Umur                   : 26 tahun

Tinggi                  : 155 cm

Gol Darah           : AB

Bintang               : Aries

Chinese Zodiac   : Kelinci

Hobbi                   : Main gitar, nonton film, membaca, bulutangkis

Tempat Favorit    : Pantai Shingu, Laut Niimiya

Website               : www.yui-net.com

Yui adalah penyanyi, penulis lagu, dan artis asal Jepang. Ia selalu bernyanyi sambil memainkan gitar. Sejak kecil, Yui hidup tanpa ayah dan tidak mengetahui apapun tentang ayahnya. Kebiasaan sehari-hari dirumahnya ialah memandangi pemandangan Tokyo Tower lewat jendela apartementnya (huwee mupeeng /plak) dan memiliki 3 kura-kura dan sepasang ikan mas.

Yui menulis lirik lagu sendiri sewaktu kelas 3 SMP. Ia bercita-cita menjadi penyanyi dan selalu membawa gitarnya kemanapun ia pergi. Sewaktu SMA, ia sering menyaksikan pertunjukan grup musik bianco nero di jalanan dan memutuskan untuk berhenti sekolah. Ibunda Yui mengikutkan Yui kursus bermusik di kota Fukuoka setelah melihat hobbi Yui yang suka membuat puisi dan bernyanyi.

“Why Me” adalah lagu pertama yang ia tulis dan ia nyanyikan. Kemudian ia menyanyi di pinggir jalan di kawasan Tenjin, Fukuoka.

Pada bulan Maret 2004, Yui mengikuti audisi yang diadakan Sony Music Japan Records. Dari dua puluh ribu peserta hanya sepuluh orang yang tersisa termasuk Yui. Awalnya ia merasa gugup tetapi ketika gilirannya tampil, ia bernyanyi Why Me, It’s Happy Line dan disusul oleh I know sambil diiringi dengan gitar kesayangannya. Padahal di audisi tersebut peserta hanya boleh membawakan dua buah lagu saja. Karena Yui saking semangatnya, ia bernyanyi 3 buah lagu (?). tetapi sang juri memberikan nilai pada Yui sangat tinggi dan ia pun lolos audisi. Setelah itu, berbagai perusahaan berebut untuk mengontraknya. Lagu pertama “Why Me” akan dijadikan single perdana, diikuti dengan “It’s Happy Line” dan “I know”. Keduanya diterbitkan sebagai single indie.

Sebagai penghargaan kepada kampung halamannya, YUI menulis lagu “feel my soul” ketika meninggalkan kampung halamannya, Fukuoka. Seorang produser dari stasiun televisi Fuji TV mendengar video klip demo lagu tersebut, dan bermaksud menjadikannya sebagai lagu tema serial drama di Fuji TV. Debut singel YUI, “feel my soul” yang dirilis 23 Februari 2006 dijadikan lagu tema serial drama Fukigen na Gene. Serial drama tersebut dihiasi lagu-lagu YUI, seperti “feel my soul” dan “It’s happy line”. Singel “feel my soul” laku di atas 100 ribu keping, namun 3 singel berikutnya, “Tomorrow’s way”, “LIFE”, dan “TOKYO” ternyata tidak sesukses “feel my soul”. Setelah merilis 4 buah singel, album pertama YUI yang berjudul FROM ME TO YOU dirilis bulan Februari 2006 dan laku di atas 200 ribu keping. Ternyata keputusan Yui untuk meninggalkan sekolah itu tidak sia-sia. Dan ia berjuang untuk mencapai impiannya.

Sementara itu, YUI memulai karier akting dengan membintangi film berjudul Midnight Sun (Taiyou no Uta). Film tersebut diputar diFestival Film Cannes 2006 dan dirilis di Jepang pada 17 Juni 2006. Selama proses syuting berlangsung, YUI mengaku kesulitan melakukan beberapa adegan. Kesulitan terbesar adalah saat YUI harus memerankan peran Kaoru Amane yang ceria karena berbanding jauh dengannya yang agak pendiam. Namun, YUI terlihat berusaha keras memainkan perannya hari demi hari, sehingga melahirkan Singel ke-5, “Good-bye days” khusus ditulisnya untuk film Midnight Sun. Kepopuleran singel YUI yang sebelumnya kembali terangkat setelah singel ke-6, “I remember you” diedarkan.

Walau tak mengenali siapa ayah kandungnya, tak mematahkan semangat YUI untuk terus berkarya. Karena kebencian YUI terhadap sosok ayah kandungnya yang meninggalkan YUI sejak kecil, ia pun memutuskan menolak menggunakan nama belakang keluarganya, Yoshioka.

Dengan segala usaha YUI agar bisa terkenal, ia pun memenangkan Piala Oricon Charts selama 2 minggu berturut – turut. Pada akhirnya, YUI terus berusaha memberi yang terbaik untuk para fans–fansnya di seluruh dunia.

“Rolling star” adalah singel ke-7 YUI yang dijadikan lagu pembuka seri ke-5 anime Bleach. Singel ke-3, “LIFE” juga dipakai sebagai lagu penutup seri ke-5 anime yang sama. Selain itu, iklan televisi ponsel KDDI layanan “au Listen Mobile Service” memakai singel ke-8 Yui, “CHE.R.RY” sebagai lagu tema.

Sementara itu, album kedua, CAN’T BUY MY LOVE menduduki puncak tangga album Oricon selama 2 minggu berturut-turut, dan laku lebih dari 500.000 keping.

Singel ke-9 berjudul “My Generation/Understand” dirilis 13 Juni 2007, sekaligus merupakan singel pertama YUI yang berbentuk double A-side (dua lagu unggulan di sisi A). My Generation menjadi lagu tema untuk serial drama Seito Shokun!, dan “Understand” menjadi lagu tema film Sidecar ni Inu.

Singel ke-10, “LOVE & TRUTH“, dirilis 26 September 2007, merupakan lagu tema dari film yang dibintangi oleh Erika Sawajiri, yang berjudul Closed Note.

Singel ke-11 YUI berjudul “Namidairo” bernada gelap dan sedih. Sementara single ke 12 nya “SUMMER SONG” dirilis 2 Juli 2008 berhasil mencapai penjualan tertinggi di minggu pertama Oricon Chart.

Album kompilasi B-side pertamanya, MY SHORT STORIES dirilis akhir tahun dengan Hit Single berjudul “I’ll be“. Lagu ini dijadikan lagu iklan Sony Walkman di Jepang. Setelah peluncuran single ini, YUI memutuskan untuk istirahat beberapa bulan agar lebih fokus pada proyek tahun depan.

Pada 3 Juni 2009, Single terbaru YUI berjudul “again” diluncurkan. Lagu ini menjadi opening anime “Fullmetal Alchemist Brotherhood”. “again” berhasil meraup penjualan sebanyak 110.000 copies di minggu pertama. Single ini akhirnya menjadi peringkat satu dalam penjualan minggu pertama paling tinggi pada 2009.

Single terbarunya, “GLORIA” dirilis awal tahun 2010 dengan nuansa musim dingin. Single ini kembali merajai Oricon Weekly Sales. Dengan ini, YUI berhasil memegang predikat empat single konsekutif (empat single terakhirnya menduduki puncak oricon berturut-turut).

 

Single indie

It’s happy line/I know (24 Desember 2004, peredaran terbatas di Kyushu)

Single

feel my soul” (23 Februari 2005)

Album

 

Lagu unduh

“Laugh away” (19 Maret 2008)

  • “OH YEAH ~YUI Acoustic Version~ (1 Mei 2008)

DVD

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s